TRIP: UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA

Halooo para pembaca setia dan silent readers in between wkwk...

Kali ini gue membahas mengenai beberapa tempat atraksi di Jepang yang wajib kudu harus kalian datengin kalo lagi ada rejeki liburan di Jepang. Boleh pilih dua-duanya (ntapsoul!) atau memutuskan memilih salah satu setelah membaca blog gue kali ini.

Gue pergi ke Jepang dalam rangka honeymoon bersama suami tercinta (yaiyalah kalo sama dosen, studi banding dong). Gue pergi bulan Maret akhir 2016 selama 2 minggu udah termasuk naik turun pesawat. Traveling kali ini ga backpacker banget, ga luxury travel juga. Mungkin bisa dibilang honeymoon yang budget friendly kali ya. 

Kenapa Jepang?
Karena masih masuk budget.
Karena sama-sama pengen ke Jepang
Karena suka banget anime (suami gue rada otaku)
Karena pengen liat Sakura di Negeri Sakura langsung


Karena pengen ke The Wizarding World of Harry Potter yang cuma ada di Universal Studios Japan, Osaka.

Karena pengen ke satu-satunya DisneySea di dunia yang cuma ada di Tokyo. Kalo DisneyLand kan banyak tuh.


Oke, berbekal tiket pesawat, kartu kredit, Yen, bagasi, dan kamera, kami berangkat dengan riang.

Bentar, gue ga akan bahas trip dan segala drama didalamnya. Kali ini fokus ke Universal Studios Japan (USJ) dan DisneySea aja.

Sebelumnya gue kasi tau dulu, gue purchase tiket USJ di Indonesia karena males antri malah buang-buang waktu, seinget gue, gue minta tolong adik ipar yang kerja di travel agent untuk bantu purchase, trus dia langsung kirim printed tiketnya ke alamat gue. Kalian bisa minta tolong travel agent loh kalo kesulitan online purchase. Harganya 7600 Yen for one adult. Liat di sini aja.

Untuk DisneySea, suami gue yang online purchase di sini pake kartu kredit. Jangan lupa pilih mau tiket jenis apa, gue dulu 1 day passport. Jangan lupa juga pilih mau ke taman rekreasi mana yang diinginkan, gue dulu karena penasaran sama satu-satunya DisneySea di dunia ya langsung pilih DisneySea. Harga 6900 Yen for one adult.


UNIVERSAL STUDIOS JAPAN, OSAKA


Terletak di Osaka dan kalo kalian menetap di Tokyo, gabisa one-day trip ke sini. Minimal dua hari lah kalo ga ya cuma sebentar banget di USJ nya. Bisa pilih naik Shinkansen langsung dari Tokyo atau kaya gue, dari Tokyo naik bus semaleman ke Kyoto trus setelah puas main di Kyoto naik kereta biasa yang murah ke Osaka kurang dari 30 menit perjalanan.
Besoknya gue baru gue puas-puasin main di USJ.

USJ ini buka jam 08.00 pagi waktu setempat. Jadi sebelum jam 08:00 udah harus di sana ya kaya para penggemar yang nungguin konser artes favoritnya. Nah berhubung cuaca gue waktu itu peralihan winter ke spring, gue banyak banget makannya dan makan di USJ itu mahal. 
Walaupun nanti semua tas gede dititipin dan gaboleh dibawa masuk ke park-nya, gue teteup nyelipin minuman anget dan sandwich stoberi uenak di balik coat gue wkwk. Boleh ditiru boleh engga. Makanan sih banyak ya di sana. Tapi karena gue  pelit hemat dan suka kelaperan, gue tetep colongan bawa bekal,

Seperti theme park pada umumnya, silakan nitipin tas di loker yang disediakan sebelum masuk. Jangan lupa printed tiketnya dibawa masing-masing orang satu!

Ketika masuk, kalian langsung disambut oleh globe muter perlahan ala Universal Studios. Wajib sih foto di sini.

Trus gue bengong untuk menenangkan otak yang excited ngeliat USJ luas banget.

Berdasarkan pengalaman sesepuh yang udah pernah ke USJ, kalo emang ngincer The Wizarding World of Harry Potter, ketika USJ buka, segera berlarilah ke situ. Karena semua orang pengen ke situ otomatis ngantrinya panjang. Bener aja, gue pikir gue doang yang lari-lari kaya  Usain Bolt, ternyata orang-orang berpikir hal yang sama juga, smh :( 
Karena gue dan suami gue sering berlatih lari mempersiapkan zombie apocalypse, gue dan suami sampai di dunia Harry Potter dengan cepat dan langsung antri ke wahana paling digemari yaitu Hogwarts Castle. Intinya kita akan mini tour di Hogwarts dan ending dari tour ini adalah naik mini coaster gitu seakan-akan lagi main Quidditch. Egila seru abiiiis, agak serem sih.

Di sini loh yang atraksi utama dari The Wizarding World of Harry Potter.

Hogwarts Castle
Puas-puasin naik wahana yang besar-besar baru ke tempat lain untuk sekedar foto-foto atau ke toko souvenir yang nagih abis.

Di The Wizarding Wolrd of Harry Potter ini berjejer toko-toko kaya di Diagon Alley. Ada yang jualan tongkat sihir segala. 
Di gambar di bawah ini, ada sebuah toko di mana kalian bisa beli permen yang suka dibawa-bawa sama si kembar Fred and George Weasley untuk ngejailin temen-temennya. Permen rasa muntah lah, rasa serangga lah, dll.
Honeydukes' Shop
Di bawah ini adalah rumahnya Hagrid. Nah ini bukan atraksi tapi spot foto aja, kalo mau foto di sini kalian antri main Flight of Hippogriff, pas di jalan menuju Flight of Hippogriff kalian akan nemuin rumah Hagrid.

Hagrid's Hut
Dan wajib minum ini.....
Butterbeer!!
Tenang, butterbeer ini halal kok guys. Rasanya mirip root beernya A&W. Bagi yang bukan fans HarPot, sekilas info tentang butterbeer ini adalah minuman yang sering diminum sama murid-murid Hogwarts termasuk si Harry Potter sendiri. Kalian bisa minum di gelas plastik yang sekali pakai atau dengan nambah uang extra bisa minum di gelas (seperti yang di foto), nah gelasnya bisa sekalian jadi souvenir. Untuk harga eike lupa.

Itu kira-kira highlight gue di USJ. Ada sih wahana jet coaster yang serem banget sampe kebalik-balik gitu orang-orang yang pada naik, gue sih ga berani ya hehe, gue cuma foto-foto aja. Gue menghabiskan waktu gue paling lama di dunia Harry Potter tadi.

Jet Coaster as a Background

Happy Pink Easter

Ini ada yang lucu buat couple, jadi kita lomba tinggi-tinggian dengan menggendong pasangan untuk ambil coke di vending machine CocaCola yang sengaja dibuat tinggi ini. Kalo berhasil, selain dapet 2 coke nya, bisa dapet 2 kantungan kunci gratis. Bayar cuma 500 Yen.

CocaCola Vending Machine

Jangan lupa ke Spiderman, antrinya gila sih tapi mayanlah.

Sisanya gue cuma foto-foto dan naik wahana yang santai bahkan sempet nikmatin suasana doang sama suami. Duduk-duduk ngarep punya rumah di sini qiqiqi.

Setiap waktu tertentu, akan ada parade di sini, ambil spot yang keren biar bisa menikmati paradenya sambil dadah-dadah ke mereka. Paradenya seru dan panjang banget.

USJ's Parade

Gue gamau rugi jadi gue bener-bener seharian di sini. Walaupun ya ga cukup seharian doang buat abisin USJ. Makanya ada pilihan ticket pass nya mau berapa hari.

TIPS:

1. Purchase tiket online biar kalian ga buang-buang waktu antri. Jangan lupa print satu orang satu.
2. Jangan telat kalau gamau rugi.
3. Selipin makanan di tas kecil (karena backpack harus dititip), jangan lebay kalo engga disuruh tinggalin di gate.
4. Karena cuaca masih dingin, walaupun backpack ditinggal, barang penghangat
(syal, sarung tangan, topi hangat) jangan ikut ditinggal.
5. Bawa uang untuk purchase makanan di dalam park.
6. Kalau ngincer suatu wahana, harus itu yang didatangi pertama. Kalau ngincer The Wizarding World of Harry Potter, karena letaknya paling jauh dan paling diminati, harus lari-lari biar antri ga kepanjangan.
7. Kalau mau foto di globe, biar sepi harus foto ketika masuk park, jangan pas pulang (selain gelap, banyak orang).
8. Jangan buang sampah sembarangan.
9. Sabar antri.


DISNEYSEA, TOKYO


Letaknya di Tokyo dan ga jauh dari pusat kota.
Uwaaw satu-satunya di dunia, super cute banget ini. Kenapa ga ke DisneyLand aja kak? Karena gue berencana ke DisneyLand yang bukan di Jepang. Kenapa ga kedua-duanya kak? Lo kata kita pipis duit....

Kalo sini kalian akan naik kereta khusus yang bentuk jendelanya aja kepala Mickey uwaw. Kalo kalian udah liat wahana-wahana dari jauh, tandanya udah mau sampe. Seperti biasa, simpan segala macam di loker berbayar baru masuk deh. Tidak lupa bekal colongan.

Disney's Train
Di sini lebih imut daripada USJ, menurut gue di sini highlightnya ada dua yaitu pertunjukan kembang api dan naik gondola di danau buatan. Bahkan ada gunung buatan juga yang bisa meletus kapan aja.

First Thing to See
Gokil.

Masuk-masuk gue disambut pertunjukan para tokoh Disney nari-nari. Ada Mickey Mouse, Minnie Mouse, Goofy, Donald Duck, dll, kurang menarik sih, mungkin anak bocah target penontonnya.

Gue memutuskan naik gondola. Karena jujur, di sini lebih ke pemandangan daripada wahana. Lebih ke ambience. Keliling naik gondola, foto-foto trus pindah ke tempat kapal-kapal kaya di film Pirates of Carribean, nothing much but foto-foto. Trus gue kaya masuk ke kastil gitu, di sini lumayan menarik sih tapi ya gitu aja, foto-foto. Kastil ini patut dikunjungi, didalamnya berbau science-science zaman dahulu, ada illusion optic dan miniatur galaksi. Jadi bukan robot gitu-gitu tapi kaya gini salah satunya.

Miniature of  Galaxy

DisneySea from Castil's View

On Pirates' Ship
Ada juga kereta gantung, ga begitu antri tapi kalian bisa ngeliat DisneySea dari atas, cantik banget (bisa liat volcano lebih jelas)


Kereta Gantung

Closer to Volcano
Amazing kan volcano-nya kaya beneran, Gokil.

Gue juga ke wahana Toy Story yang antriannya gilak panjang banget. Untung berdua, jadi kalo yang satu mau ke toilet, mau duduk karena cape, atau beli jajanan, bisa gantian antri. Tapi... menurut gue, antrian ga worth it karena mainannya biasa :( kalian cobain aja ya, jangan gue jabarkan di sini, biar ga cuma gue yang nyesel muahahaha. Tapi inget, selera orang beda-beda.

Toy Story Mania
Antrinya sama kaya USJ, panjang di mana-mana. Gue naik juga semacam wahana air yang muter-muter di kolam buatan, di sini dominan wahana air (namanya juga DisneySea, kawan :)). 
Sisanya... foto-foto.

Jangan lupa cobain Turkey Leg dan Hot Choco yaa.
FYI, Hotdog nya biasa aja.

Akhirnya karena mulai bosen, gue pengen pulang aja. Di saat niat pulang gue muncul, gue nguping percakapan dalam bahasa Inggris beberapa turis ke orang DisneySea nya. Akan ada pertunjukan kembang api nanti jam 7 malem. Untungnya gue nguping ya Tuhan, gue bisa menyaksikan pertunjukan kembang api paling spektakuler seumur hidup gue. Bahkan saking terpesonanya, selain bengong mangap, gue ga sempet ngerekam. Pertunjukan ini di danau utama yang latar belakangnya gunung buatan itu. Gila bagus bangeeet, akhirnya gue ga merasa sia-sia dan hampa lagi.

Trus beli beberapa souvenir lalu pulang.

TIPS:

Nomer 1-5 idem kaya di atas.
6. Kastil dan gondola wajib dicoba sih, walaupun bukan wahana tapi seru, coba aja sendiri.
7. Jika mulai bosan dan penat, sabarlah menanti pertunjukan kembang api.
8. Ambil posisi strategis yang langsung menatap danau utama dan kalo bisa duduk karena show-nya lama loh.
9. Jangan buang sampah sembarangan.
10. Sabar antri.


UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA:

- Kalau kalian punya rejeki lebih, silakan kunjungi keduanya karena sama-sama worth it.

- Harga tiket masuk lebih murah Disney tapi ga seberapa jauh.
- Untuk wahana, lebih seru dan variatif di USJ.
- Untuk show/parade, lebih spektakuler di DisneySea.
- Untuk harga-harga makanan, sama-sama mahal.
- Untuk foto-foto, DisneySea cantik banget, USJ karakter tema-nya lebih kuat.
- Untuk souvenir, sama-sama variatif dan lucu-lucu.
- Untuk antrian, sama aja buset deh.


Kalo cuma pilih salah satu dan kalian tanya mana yang lebih oke menurut preferensi gue, jawabannya adalah.....

UNIVERSAL STUDIOS JAPAN....

Oke sekian dulu dari gue, nanti kalo ada yang pengen ditanya, silakan komen di bawah.

Sampai jumpa di blog santai selanjutnya....

Oiya, baca juga cara Liburan di Jepang tanpa JRPass di postingan gue yang ini https://clairinehagins.blogspot.co.id/2017/10/liburan-hemat-ke-jepang-14-hari-tanpa.html

Cheers,
Clairine -girl next door-

Twitter: @clairehagins
Instagram: @clairinesolagratia












Komentar

  1. Wah seru banget 😍😍😍, jadi pengen cepet2 ke jepang 😓😅btw di disneysea kaka ga nyoba tower of terror sama the journey to the centre of the earth( kalo gasalah😅) ??? Katanya wahana paling recommended disneysea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Aura, salam kenal. Maaf ya baru balas komenmu setahun kemudian. Kebetulan aku kurang suka yang trigger adrenaline hehe, karena aku santuy banget orangnya jadinya waktu itu ga nyobain deh yg Tower of Terror. Untuk ke Disneysea, aku juga cuma 1 hari dan hari itu antri parah sehingga ga bisa explore maksimal. Semoga aku ada kesempatan dan rejeki lagi ya buat ke sana. Ayo ke Jepang, ga akan nyesel kok.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIP: PERSIAPAN MUSIM DINGIN DI KOREA SELATAN

TRIP: LIBURAN HEMAT KE JEPANG 14 HARI TANPA JRPASS & TIPS-TIPS