REVIEW: THE BALM EVEN STEVEN WHIPPED FOUNDATION

Halo semuanyaaa. Apakabar?

Kali ini gue akan memberi first impression gue terhadap sebuah foundation unik yang lumayan hyped akhir-akhir ini.

Sebelumnya gue jelasin kulit gue yah. 
Gue yellow undertone, light to medium, NC25.
Banyak acne scar kemerahan dan sedikit bertekstur.
Ya, gue ga mulus hiks...

Langsung mulai aja ya....

Ini dia: THE BALM COSMETICS EVEN STEVEN WHIPPED FOUNDATION

Harga IDR 225.000

Even Steven

Oke pertama, gue akan mulai deskripsi produk ini:
  1. The Balm Cosmetics Even Steven Whipped Foundation Fond de Teint Fouette
  2. Shade Light/Medium - Clair/Moyen
  3. Bentuknya mousse, tidak cair tapi agak creamy (seperti whip cream yang agak kental)
  4. Isi 13,4 mL (sedikit untuk ukuran foundation normal)
  5. Jar packaging

Shade Light/Medium

Here's the Swatch

Foundation's Formula

 Nah begitu kira-kira deskripsi faktualnya, sekarang kita menuju ke ingredients:

Ingredients

Ingredients: Isododecane, Cyclopentasiloxane, Polymethylsilsesquioxane, Polysilicone-11, Cetearyl Isononanoate, Dimethicone, Lecithin, Polyhydroxystearic Acid, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Ethylhexyl Palmitate, Isopropyl Myristate, Isostearic Acid, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Titanium Dioxide 9CI77891), Iron Dioxides (CI 77491, CI 77492)

Gue liat beberapa formula yang bakalan membuat clogged pores yaitu Ethylhexyl Palmitate dan Isopropyl Myristate :(

Good thing, ada satu ekstrak bahan alami yang terkandung yaitu Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract. Jahe sis jahe. Dan gue ga ngeliat ada alcohol dan paraben which is very nice.

Nah sekarang gue akan share pendapat gue tentang si Even Steven.

Packaging

- Packagingnya di dalam jar yang terbuat dari kaca, penutupnya plastik yang diberi stiker yang khas The Balm banget, lucu sih. Kalo gue ga salah Even Steven ini adalah salah satu tokoh ciptaan Disney.
Ada keterangan warna di stiker itu.
- Jar ini dibungkus dengan box kertas dengan ukuran sama dengan jar. Di box kertas ini ada ingredients.

Shade

- Gue ambil yang Light/Medium. Kalo diswatch di tangan warnanya beige banget cenderung lebih gelap dari kulit tangan gue. Pas diapply di muka, malah lebih putih. Bahkan sedikit ada hint pink undertone. Agak belang deh sama leher gue yang yellow undertone. Tips dari gue, swatch nya di pipi dan leher ya jangan di tangan.
- Tidak oksidasi.

Formula

- Gampang diblend, gue blend pakai jari aja. Emang kalo nge-test foundation baru, gue selalu pake jari sewaktu apply ke muka. Just in case, sponge dan brush punah kan masih ada jari wkwk.
- Medium to full coverage. First thin layer di muka hanya meratakan warna kulit, semua kemerahan hilang. Tapi spot-spot bekas jerawat tidak ter-cover sempurna. Bagusnya, bisa dibuild-up untuk mencapai coverage yang kalian inginkan.

BEFORE - Bare Face
AFTER - Very Thin One Layer

Gue apply sedikit banget dan tipis-tipis ke pipi kanan dan setengah dagu kanan TANPA primer dan tanpa powder, apalagi concealer. Kalian bisa liat sendiri, kemerahan gue ilang. Yang kontras banget itu kemerahan di dagu gue setelah gue apply dan sebelum gue apply. A little goes a long way.

Nah sekarang gue apply ke seluruh muka pake primer sekaligus sunblock gue yaitu Clinique Super City Block SPF 25 tapi tanpa powder dan concealer. Gue apply sekitar jam 13:10 pake Real Technique Expert Brush. Dengan pake brush, coverage naik lagi walaupun hanya dengan one layer.

3 HOURS LATER - One Layer using Brush after Primer

3 HOURS LATER 

- Matte finish dengan sedikit hint powdery.
- Tidak ada baunya alias no fragrance
- Agak berat atau terasa lah lagi pakai foundation

Ketahanan

- Terhadap air cukup impressive ya. Tadi kan gue swatch di tangan, abis itu gue cuci tangan pake air dan gue gosok-gosok, ini hasilnya. Kehapus dikit banget.
-Terhadap minyak di wajah, apalagi di area hidung mulai hilang sedikit setelah 2 jam pemakaian.

Setelah Dibilas dengan Air

 PROs:

1. Coverage bisa dibuild-up sampai full dan flawless
2. No alcohol, no parabens, and no fragrance
3. Lumayan tahan air
4. Ga oksidasi
5. Jar imut kaya lip balm, walaupun terbuat dari kaca tapi karena kecil dan ringan jadinya travel friendly
6. Harga terjangkau dengan produk yang a little goes a long way
7. Mengandung ekstrak jahe

CONs:

1. Bentuknya jar membuat produk mudah terkontaminasi + sedikit banget cuma 13,4 mL
2. Shade kurang cocok, agak pink undertone
3. Ada kandungan yang bisa buat clogged pores :( sedih banget
4. Kurang tahan terhadap minyak di wajah (kalian harus pake primer yang bagus)
5. Tidak ringan di wajah

CONCLUSION:

8/10

Sukaaa tapi tidak akan repurchase. For one layer aja bagus sih coveragenya bahkan menurut gue lebih bagus daripada coverage Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place, sayangnya ini ada kandungan yang akan clog pores.
WORTH TO TRY, apalagi kalo kalian suka foundation full cover.

Sekian dulu dari gue.

Terimakasih dan sampai jumpaaa

Cheers,
Clairine -girl next door-

Twitter: @clairehagins
Instagram: @clairinesolagratia






Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIP: UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA

TRIP: PERSIAPAN MUSIM DINGIN DI KOREA SELATAN

TRIP: LIBURAN HEMAT KE JEPANG 14 HARI TANPA JRPASS & TIPS-TIPS