TRIP: PERSIAPAN MUSIM DINGIN DI KOREA SELATAN

Haloo semuaaaa...



SIAPA YANG PENGEN BANGET KE KOREA DI MUSIM DINGIN?


Winter Gear
Harusnya belom telat ya kalo gue ngebahas apa aja yg harus dibawa ketika mau liburan di saat musim dingin di Korea, apalagi bagi kalian yang udah berencana ke Korea di bulan-bulan ini dan yang udah ga sabaran jilat eh liat salju pertama kali.

Sebelumnya gue udah bahas tentang trip gue di Jepang di sini. *walopun belom kelar nulis post baru tentang Jepang*

Kebetulan gue mendapat rejeki untuk berangkat ke Korea di bulan Januari 2018 ini selama 1 minggu kurleb. Bisikan dari adek ipar gue, Januari adalah coldest month di Korea. Sedangkan gue lahir besar di Tanah Airku Indonesia, sekalinya kelamaan nongkrong di mall langsung masuk angin, why. Bayangin aja persiapan gue tentu tida main-main sodara-sodara.

Hal-hal yang gue pasti bawa adalah:

1. Coat/Jaket Winter
Jujur aja ini sangat menyita budget. Suhu Korea di bulan Januari itu sampe minus sekian derajat Celsius, jadi pastikan sebelum beli, tanya ke yang jual apakah coat/jaket ini tahan sampe suhu minus atau tida. Beberapa pilihan yang paling mainstream adalah padded jacket bulu angsa dan wool coat. Padded Jacket itu biasanya lebih ringan dan anti air, sedangkan wool lebih berat dan ga anti air.
Beli di mana sis? Bisa beli di UNIQ*O, Coldw*ar, atau kalo kalian cari yang mursidah alias murah beli aja barang secondhand atau bahasa Instagramnya preloved di Pasar Senen Jakarta atau Pasar Gedebage Bandung. Bekas bukan berarti low quality ya. Tinggal laundry aja.

2. Long John
Ini adalah dalaman atasan bawahan yang berfungsi untuk menahan panas keluar dari tubuh kita. Cmiiw. Ada beberapa pilihan juga yaitu full katun, wool, polyester, dan campuran. Jelas yang paling hangat dan mahal adalah wool. Beli di mana sis? Beli di UNIQ*O ada yang namanya heattech (Biasa, Ultra, Extra), atau beli di Coldw*ar bahkan ada yang wool. Kalo bisa long John jangan bekas yak, kalo mau hemat beli aja yang produk dari Cina di toko online. Kurang hangat tapi cukup. Oiya, cari yang pas badan ya, jangan kegedean karena nanti fungsi menahan panasnya ilang.
Jangan, jangan tanya kenapa dia punya nama pakai John bukan Wahyu.

3. Sweater 
Bebas ae yang penting hangat dan tangan panjang.

4. Bawahan
Bebas ae, jeans boleh, legging thermal boleh, celana heattech boleh, celana untuk ski boleh. 

Atasan: Sweater, Bawahan: Jeans, Sepatu: Sport Shoes

5. Syal
Pilih yang nyaman dan tebal ya. Biasanya sih yang wool. Pokoknya harus menutupi leher. Beli di mana sis? Di toko atau pasar yang gue sebutin di atas ada kok. Bekas bolee, jangan lupa laundry yaa.

6. Earmuff/Penutup Telinga
Bebas ae asal nutup semua telinga. Beli di mana sis? Di toko yang gue sebutin di atas ada kok. Jangan bekas yaa.

7. Kupluk
Bebas ae, tapi beanie berbahan wool mantep lhooo, atau kalau mau pake yang Russian hat lebih mantab soul. Beli di mana sis? Di toko atau pasar yang gue sebutin di atas ada kok. Bekas bolee tapi laundry dulu.

8. Sarung Tangan
Cari yang dalamnya anget, ukuran pas di tangan, anti air (mau mainan salju kan?), kalo bisa sih touchscreen yaa. Beli di mana sis? Di toko yang gue sebutin di atas ada kok. Jangan bekas yaa.

9. Sepatu
Emmm gue ga akan maksa kalian pake winter boots. Pake sport shoes yang berbahan anti air bisa kok sebenernya. Yang penting nyaman. Boots anget tapi berat bikin pegel, sport shoes nyaman tapi kurang anget. Your choice. Beli di mana sis? Timberla*d bisa, di Twighous* bisa, mau yang preloved di pasar-pasar bisa. Gue sih saranin kalian bawa aja sport shoes dari rumah, nanti pas sampe Koriya kalian beli boots kalo emang merasa butuh. Boots di negara 4 musim lebih banyak pilihan. [UPDATE] Setelah gue pergi ke Korea yang suhunya sampe -15 derajat Celsius, gue mendapat hidayah kalo sport shoes emang nyaman banget tapi tolong jangan cari yang berpori-pori. Cari yang bukan bahan kain. 

10. Kaos Kaki Tebal
Ya carilah yang tebel dan anget dengan embel-embel winter.

11. Hotpack
Ini bukan pakaian winter tapi sesuatu yang bisa menghangatkan kita dan punya batas kehangatan. Apaan deh, googling aja ya.
Harga satu sachet itu 25rban Rupiah di Twighous*. Gue beli di Indo karena takut pas touchdown langsung kedinginan. Di Koriya bisa beli di ARTb*x, Oliv* Y*ung, dan D*iso, dan minimarket lainnya dengan harga 1000 Won-2000 Won. Tipsnya, jangan tempel hotpack langsung ke kulit!!! Tempel di kaos kaki atau long john atau masukin kantong jaket/coat buat dipegang-pegang. Cara pakainya tinggal buka bungkusnya lalu remes-remes kocok-kocok beberapa saat, nanti dia menghangat sendiri. Ketahanan hangatnya ada yang 10 jam, 12 jam, 15 jam, bahkan cuma 5 jam pun ada, makanya sebelum beli teliti dulu bungkusnya ada angka berapa.

Hotpack

12. Minuman Jahe Instan Sachet
Merk apa aja bebasss, tinggal diseduh. Ini wajib banget.

13. Koyo
Udel kita ditutup koyo biar ga masuk angin, gatau ini penjelasan ilmiahnya kumaha. Hahaha.

14. Pelembab
Muka, badan, bibir. Untuk bibir, merk K*ehls yang mango mantab soul tuh, tapi Nive* pun bisa. Untuk muka, gue memilih pake face oil yang lebih nendang daripada cream apalagi gel. Untuk badan, karena gue mau mengurangi bawaan, gue bawa aja hand cream hadiah dari The B*dy Sh*p untuk sekalian dipake ke seluruh kaki dan tangan.

Pelembab Muka
15. Masker
Bukan masker skincare tapi masker kek artis Korea pas keluar di publik ituuu. Karena angin musim dingin Korea kejam jadi muka kita suka kaku gitu diterpa kebekuan angin.

Oke kira-kira itu aja..

Urutan pemakaian:
Underwear - tanktop/kaos dalam - long john atas bawah - baju atasan bawahan - sweater - syal - coat/jaket - topi - earmuff - kaos kaki tebel - sepatu - sarung tangan.

CATATAN: PAKAI SEMUA KETIKA BERADA DI DALAM RUANGAN.

Kenapa? Biar tubuh ini ga sempet kena dingin, kalo udah kena dingin duluan, angetinnya lebih lama dari yang awalnya tubuh udah anget.

Segini dulu yaa, semoga bermanfaat dan selamat bermain-main di saljuuu.

I want to build a snowman~~~


Cheers,
Clairine -girl next door-

Instagram: @clairinesgh







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIP: UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA

TRIP: LIBURAN HEMAT KE JEPANG 14 HARI TANPA JRPASS & TIPS-TIPS