TRIP: WHAT I EAT IN THAILAND

Sawadikaaapp, sesuai janji gue di postingan sebelumnya (di sini), gue mau bahas tentang kuliner apa aja yang gue nikmatin waktu liburan ke Thailand di bulan Mei 2024 lalu. Beberapa kuliner emang udah gue rencanakan masuk ke itinerary berdasarkan Michelin Guide, sedangkan beberapa gue datengin secara spontan uhuy atau kebetulan lewat di fyp.

Gue akan bedain jajanan dan makanan utama yah.

Jajanan

1. Thai Tea

Hal pertama yang gue cari di Bangkok kemarin adalah Thai tea karena gue suka banget. Yang jelas gue nyobain yang otentik dari jaman dulu yaitu Cha Tra Mue. Cha Tra Mue ini rasanya menurut gue balance antara manis dan agak creamy dari susu, agak sepet dan pahit dari teh. Menurut gue ini bakalan cocok ke selera banyak orang sih. Kalo kalian mau jadiin ini sebagai oleh-oleh juga bisa beli sachet di Big C. Gue nyobain original dan rose tea. Yang rose tea itu gemeshh warna pink dan wangiiii banget tapi ga terlalu berasa artificial. Karena gue bisa tiap hari beli Thai tea, gue nyobain juga yang GaGa. Denger-denger GaGa mau buka outlet di Jakarta. Nah waktu itu gue pesen yang Thai tea with mousse-nya dan ternyata jadi lebih upgraded Thai tea yang creamy banget. Enaaak. Tapi kalo pesen yang ori dari GaGa sih gue mending beli Cha Tra Mue karena lebih murah.

Rose Tea and Thai Tea

Creamy Mousse Thai Tea


2. After You Bun

Ga mungkin ga beli ini. Gue pikir awalnya apaan sih gimmick aja sampe jastip satu kontainer kecegat di imigrasi. Ternyata oh ternyata, nagih banget parah. Gue beli varian butter untuk pertama kali nyobain. Karena enak banget, gue nyobain beli yang stroberi dan milk. Semuanya enak, tapi kalo disuruh milih gue bakalan milih butter dan stroberi. Varian ini agak sering sold out di cafe After You, kali itu gue beruntung aja bisa selalu dapetin. Cafe After You cabangnya banyak banget, kemarin yang menurut gue paling lengkap adalah yang di Icon Siam. Kebayang ga kalo After You buka cabang di Indo, wah pasti laris banget dari buka sampe tutup.


Strawberry Bun


3. Mango Sticky Rice

Ini juga jajanan wajib kalo ke Thailand. Gue nyobain dari yang premiun kaya Mae Varee sampe yang di pinggir pasar Pratunam. Pokoknya tiap liat mango sticky rice langsung beli gapake mikir. Rasa mangganya mirip sih sama mangga Thailand yang dijual di Pekanbaru, manis legit tapiii yang bikin beda itu sticky rice dan sauce warna putihnya yang ditaburi sejenis kacang (?). Gue yang ga suka nasi ketan langsung kaya kesetanan gitu makannya. Sesuap potongan mangga + sticky rice + sauce + taburan kacang = rasa dan tekstur sungguh balance. Petjaaah.

Mango Sticky Rice

4. Smoothies

Kalo ngga Thai tea ya smoothies. Di mana-mana jual dan gue sih pas ngiler liat buah-buah tropis yang segar itu dismoothies.

Mango Smoothies

5. Coconut Ice Cream

Wah ini sih jajanan favorit kalo lagi ke Chatuchak, sebenernya ga cuma di Chatuchak sih, di tempat lain juga ada cabangnya. Tapi waktu itu momennya pas banget, panas di Chatuchak trus disuguhi coconut ice cream yang seger dengan nama stall-nya Coco JJ. Awalnya gue curiga bakalan eneg kaya abis makan santen tapi ternyata masih seger kok mirip kuah es teler yang dijadiin es krim trus disajikan di atas kelapa asli. Gue pilih toppingnya jelly dan barley. Ntaps.

Coconut Ice Cream

Coco JJ


6. Beer

Karena panas banget, somehow gue craving minum beer di Bangkok. Padahal di Indo bisa dibilang amat sangat jarang minum beer. Gue nyobain Singha dan Chang yang memang asli Thai beer. Tapi gue paling suka Singha karena rasanya lebih creamy, sampe-sampe gue beli magnet kulkas gambar Singha. Bahkan menurut gue lebih enak dari Hakone beer dan Sapporo beer, apakah karena pengaruh cuaca yang super panas?

Sisanya gue beli jajanan pasar di Bangkok yang menurut gue enak-enak juga, oh iya, jangan lupa jajan di Sevel. Sevel di Bangkok banyak banget pilihan menarik, bahkan gue sampe sekarang pengen beli kimbab dan chicken burger lagi di Sevel.

Makanan Utama

1. Khub Khao Khub Pla

Well ini mungkin adalah restoran keluarga yang menjual banyak banget menu makanan Thailand dan fusion. Gue pesen tom yum with coconut, crab fried rice, dan crispy pork cabe garam. Menurut gue rasanya B aja, hanya porsinya lumayan besar dibanding makanan Thai lainnya yang gue temuin. Next time gue ga ke sini lagi deh kayanya.

Khub Khao Khub Pla


2. Thong Smith

Boat noodle adalah salah satu makanan khas Thailand. Gue pesen menu yang paling favorit di Thong Smith, tapi kayanya gue kurang cocok sama cita rasa boat noodle yang rempahnya kentel dan berasa banget. Rasa yang agak asing di lidah gue. Tapi dagingnya kualitas tinggi, juicy, dan meleleh di mulut. Makanan ini bukan ga enak ya, tapi di gue B aja.

Thong Smith

3. Polo Fried Chicken

Katanya ini ayam goreng favoritnya Yoona SNSD. Memanglah ya, ayam goreng Michelin ini enaak banget. Bumbunya light tapi meresap ke ayam goreng yang ditaburi bawang merah dan bawang putih goreng dan ga berminyak. Saosnya juga bikin tambah enak, ada yang agak pedes dan ada yang manis. Makan dengan nasi putih trus tambah pork neck goreng. Pas banget gue beruntung karena pagi-pagi jadinya ga ngantri. 

Fried Chicken and Fried Pork Neck


4. Pe Aor

Ini bisa gue bilang tom yum noodle hidden gem sih karena agak susah dicari ya. Ini gue pikir bakalan deket dari hotel ternyata jalannya lumayan sampe lewat gang-gang kecil rumah penduduk ditambah sore itu pliket banget. Tapi ternyata worth it kok, rasa tom yum-nya creamy tapi ga bikin eneg dan ga terlalu asam atau terlalu pedas. Mie-nya al dente dan dilengkapi topping seafood yang seger. Hanya aja porsinya dikit banget khas porsi makanan di Thailand lainnya. Kenapa ya porsi mereka dikit-dikit?

Tom Yum Noodle


5. Bonchon

Edan sih, Bonchon di Bangkok enak banget hehehe, apa karena gue laper juga ya. Tapi jujur enak banget apalagi dimakan bareng kimchi lobak putih. Kalo nyari opsi makanan halal di Thailand, Bonchon kayanya masuk jadi salah satu top list.


Bonchon Chicken

6. Bamee Kon Sae Lee

Ini juga Michelin ya ges ya. Bamee Kon Sae Lee ini jualan bakmi ala Chinese noodle gitu. Mie tipis lurus dikasi bumbu ala bakmi Chinese yang light trus ada kuah kaldu sebagai pendamping. Gue sampe nambah karena porsinya dikit tapi nagih banget. Trus gue bisa nambah topping seperti topping kremesan mirip Marugame dicampur bawang goreng. Nah, karena masih laper, gue pesen juga crab fried rice. Rasa nasi goreng Chinese tanpa kecap ditambah suwiran kepiting dan ada wangi smokey-nya sih menurut gue delicate dan enak banget ya. Bahkan kalo ngomongin rasa, lebih enak dari pada crab fried rice Khub Khao Khub Pla.

Bamee Kon Sae Lee


7. Kuay Cab Mr. Joe

Another day, another Michelin. Karena gue bisa makan bebong dan suka crispy pork, gue ke sini deh. Jadi ini adalah kuay cab mirip dengan kuay cab di Pontianak yang dulu suka dibawain sama sodara gue. Kuay cab itu kaya sejenis mie yang lebar banget lebih lebar dari kwe tiau dan tekstur mirip kulit pangsit rebus tipis dikasi kuah yang peppery asin gitu. Nah kuay cab itu biasanya didampingi dengan crispy pork. Crispy porknya crispy tapi ga terlalu keras trus daging dan lemaknya pas dan juicy. Gue sampe nambah extra crispy pork.


Kuay Jab and Crispy Pork


8. Leng Saap/Iga Babi Rebus Jodd Fairs

Gue perdana nyobain iga babi rebus dengan kuah yang rasanya asam pedas. Asam kayanya dari jeruk nipis dan pedas dari cabe Thailand yang ngambang banyak banget dikuahnya yang bening. Iganya sendiri untuk porsi dua orang sih cukup ya. Bau babinya udah ga terlalu nyengat trus dagingnya banyak dan lembut dimakan pake nasi anget. Di Indo mirip kaya sop iga babi tapi versi asam pedas.


Leng Saap

Kesimpulan

Masih banyak makanan yang belum gue cobain seperti Phed Mark Pad Kaprao dan Jeh O Chula juga tapi ga kuat ngantrinya deh, maybe next time ya. Ga tiap makan gue nemuin yang enak, ada juga yang B aja, tapi gue ga nemuin makanan yang ga enak di Thailand bahkan di food court random sekalipun. Menurut gue si picky eater ngeselin ini karena makanan di Thailand itu rasanya light tapi tetep balance jadi bakalan cocok sama palate siapa pun.

Catatan kecil aja nih, kalo gue dapet kesempatan balik ke Thailand lagi, gue bakalan skip Khub Khao Khub Pla dan Thong Smith deh kayanya.

Okee gitu dulu aja postingan kali ini, semoga bermanfaat yaa.

Cheers,
Clairine 
-girl next door-

Instagram: @clairinesgh



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIP: UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA

TRIP: PERSIAPAN MUSIM DINGIN DI KOREA SELATAN

TRIP: LIBURAN HEMAT KE JEPANG 14 HARI TANPA JRPASS & TIPS-TIPS