TRIP: THAILAND 2024

Hello everyone. Selain nulis review tentang beauty products, gue seneng banget juga nulis tentang rangkaian liburan gue. Kali ini yang akan gue bahas adalah trip gue ke Thailand di bulan Mei 2024 lalu.

Hello juga :)

Jadi ceritanya di kantor gue itu menganut cuti bersama tanpa potong cuti pekerja, jadi lumayan banget gue cukup ambil cuti 3 hari aja udah bisa dapet liburan 7 hari. Nah berhubung gue pengen liburan ke sekitar Asia Tenggara aja, kali ini gue mencoba untuk liburan ke Thailand. Berhubung Thailand itu banyak banget tempat menarik dan gue baru perdana ke sana, gue mencoba untuk nyobain yang sangat touristy dulu aja. Waktu itu pilihannya adalah Bangkok dan Phuket, tapi ternyata dari Bangkok ke Phuket itu harus naik pesawat jadinya nanti aja deh kapan-kapan. Trus ada lagi pilihan Bangkok dan Pattaya atau Bangkok dan Khao Yai, waktu itu Khao Yai emang lagi muncul terus di fyp. Tapi setelah diskusi sama suami, gue memutuskan untuk Bangkok dan Pattaya aja karena emang pengen ke pantai. Mungkin next time gue akan ke Phuket dan Khao Yai juga ya. 

TRANSPORTATION

Nah gue berangkat hari Sabtu dari Pekanbaru transit di Changi Airport like 30 menit doang trus langsung terbang ke Suvarnabhumi Airport. Semua proses perjalanan dan imigrasi sangat lancar dan kebetulan ga ada pengecekan jumlah uang Baht yang kita bawa pada saat itu. Padahal kita udah bela-belain nuker cash sesuai peraturan yang ada, tau gitu kan gausah bawa banyak-banyak ya. Dari Suvarnabhumi Airport ke Pratunam (hotel gue di area sini), gue naik Airport Rail Link yang turun di stasiun Phaya Thai.

Pas di Bangkok, gue banyakin jalan karena hotel gue sungguhlah di tengah kota. Tapi karena gue banyak explore tempat makan yang agak-agak jauh, gue memilih untuk naik taksi online dan BTS. Tidak lupa juga nyobain tuk-tuk yang ternyata nagih hahaha. Gue sampe naik 3 kali selama di sana padahal udah tau bakalan dikenain harga mahal. Trus jangan pernah lewatkan naik boat keliling Bangkok, seruu.

Boat Near Wat Arun

POV from A Bridge

Bangkok's Traffic Jam


Karena Pattaya jadi salah satu tujuan gue juga, gue cari tau gimana cara ke sana. Pilihannya waktu itu adalah sewa mobil atau naik travel. Akhirnya karena gamau ribet, gue pilih paket liburan yang udah termasuk travel antar jemput Pattaya-Bangkok. Berhubung gue dari Pattaya pengen main juga ke pulau kecil, paket tadi udah termasuk sekalian speed boat. Travelnya nyaman, on time, orangnya ramah, trus speedboatnya bagus dan aman.

ACCOMMODATION

Hotel tempat gue nginep adalah hotel rekomendasi para turis Indonesia di daerah Pratunam dan deket banget dengan BTS. Sungguh gue suka banget sama lokasinya yang walking distance ke tempat makanan dan shopping area. Hotelnya juga bersih dan nyaman lah ya, worth it dengan harga yang gue bayar. Satu doang kekurangannya yaitu kalo lagi ujan, ga akan ada taksi online yang mau ngambil ke area hotel karena bakalan chaos macet banget.

Bangkok Sign

SPOT

Jujur tujuan gue ke Thailand kali ini adalah makan, belanja, dan main di pantai. Kalo gue tulis semua makanan yang gue cobain, postingan ini bakalan panjang banget. Jadi mungkin next postingan aja khusus bahas tentang makan ya. Gue fokus ke spot jalan-jalan aja dulu di postingan ini.

1. December's, Pratunam Market, dan Platinum Mall

Gue dari berangkat udah bawa koper kosong melompong karena tau bakalan kalap belanja di ketiga tempat di Bangkok ini. Lokasi ketiga tempat belanja ini saling deketan jadi gue keliling satu harian khusus untuk belanja. Mostly, gue belanja baju sih. Saran gue, kalo kalian cari yang kualitasnya lebih bagus dari tiga tempat tersebut, sebaiknya cari di December's (gabisa nawar, fixed price). Kalo kalian cari yang so-so kualitasnya, bisa ke Platinum Mall. Nah kalo kalian mau beli grosiran harga lebih murah tapi rela panas-panasan outdoor, silakan ke Pratunam Market. Untuk pilihan baju, super duper banyak banget dan up to date, gue kalap huhu.

2. Chatuchak Market dan Bang Sue Vintage Market

Chatuchak Market adalah pasar palu gada (apa lu mau gua ada) yang luas banget tapi hanya buka di weekend aja. Gue sengaja dateng jam 10 pagi untuk bisa puas muterin pasar, tapi hari itu panas banget gue ga sanggup jadi paling gue dateng ke alley-alley di Chatuchak yang menurut gue favorit banget. Gue beli cincin silver bagus banget dan kaos semacam "Joger" nya Thailand di sini kembaran sama suami. Sisanya baju-baju aja yang menurut gue lucu. Untuk harga, menurut gue Chatuchak Market harganya lebih tinggi dari pada lokasi shopping area yang gue bahas sebelumnya. Setelah kepanasan banget, gue nyeberang trus cari makan dan ngadem di Bang Sue. Mall ini jual barang-barang vintage palu gada juga tapi adem karena ber-AC. Seru deh.

Chatuchak on Sunday

3. Jodd Fairs

Ini semacam pasar juga yang termasuk lokasi baru yang lagi rame terutama di kalangan anak muda. Ada salah satu stall yang penjualnya cantik banget padahal cuma jualan jus buah tapi antrinya panjang banget sampe dijagain bodyguard hehehe. Di sini mostly jualan makanan, tapi ada juga kios yang jualan baju-baju ga sebanyak Pratunam Market. Kalo mau nyobain makan uget-uget goreng, serangga goreng, kalajengking goreng, dan udang idup, bisa ke sini.

Uget-uget and Friends

4. Big C

Big C itu semacam Krisna di Bali kali yah. Semua oleh-oleh khas Thailand ada di sini, bahkan yang berlogo halal pun ga susah dicari. 

5. Siam Center, Siam Paragon, dan Icon Siam

Ketiga mall ini bisa dibilang upgraded shopping area dibanding lokasi yang udah gue sebutkan di atas. Higher brands dijual di sini dan tempat makannya pun lebih pricey. Untuk makanan gue impressed banget sama Siam Paragon. Tapi kalo untuk vibe is vibing-nya mall mahal dan wow experience, gue lebih pilih Icon Siam.

6. Let's Relax

Ga ke Thailand kalo ga nyobain Thai massage. Sebenernya di sekitar hotel itu bertebaran tempat pijit tapi karena gue pertama kali, gue pengen mengalami experience yang sedikit luxury. Pilihan tempat pijit kali ini jatuh ke Let's Relax yang gue booking via Klook. Pertama masuk, gue dicuci dulu kakinya trus disuruh ganti baju. Abis itu gue dipijit 2 jam full body. Gue awalnya bertekad jangan sampe ketiduran biar bisa nikmatin setiap pijitan. GA BISA. Di tengah-tengah sesi gue terlelap tanpa sadar trus pas bangun berasa lahir kembali. Setelah dipijit, gue disuguhi mango sticky rice dan teh hangat. Nyamannn. Let's Relax ini cabangnya banyak, gue pilih yang di Hotel Novotel.

Bye bye Money

7. Wat Arun

Gue pernah bilang kan di postingan sebelumnya kalo gue menghindari ke lokasi-lokasi temple, nah tapi karena gue penasaran banget sama tempat ini, gue coba beranikan diri. Kalo mau ke sini bisa nyewa baju adat Thailand atau pakai baju yang sopan (tidak mengenakan celana pendek atau sleeveless). Karena males ribet, gue pakai baju sopan aja. Pas di sana memang magnificent banget ya bangunannya, gue mesmerized. Bangunannya itu kaya ada ukiran dan kaca warna-warni yang nempel detail banget, gue sampe heran. Yang serunya lagi, kalo mau ke sini bisa naik boat sambil menjelajahi sungai di tengah-tengah Bangkok.

Cheeky Me at Wat Arun

Wat Arun's Crazy Details

Magnificent Temple

8. Talat Noi

Harusnya gue ke Chinatown tapi berhubung itinerary udah padet dan gue gamau kecapekan akhirnya gue memilih untuk ke Talat Noi aja. Jadi Talat Noi ini adalah daerah old town-nya Bangkok yang deket dengan Chinatown. Di sini banyak cafe estetik tempat nongkrong kawula muda. Jujur vibe-nya agak mirip dengan Georgetown-nya Penang tapi versi tepi sungai.

Rustic Car

All Blue

River from Talat Noi's POV

9. Tiennara Resort Koh Larn

Ini dia salah satu highlight dari trip ini. Lokasi ini harus ditempuh dengan naik speed boat dari Pattaya karena lokasi ini adalah salah satu pulau kecil yang emang untuk main air dan berjemur dengan tenang. Di atas tadi gue dah bilang bahwa travel Bangkok-Pattaya PP, speed boat, makan siang, dan wahana air semua jadi satu paket. Memang pricey tapi untuk pengalaman seumur hidup, super worth itttt.  Puji Tuhan, hari itu cerah banget dan ga terlalu panas. Wahana airnya ada parasailing (pengen ngulang hikss), snorkeling, kayaking, jet ski, dan banana boat plus semua dokumentasi pas lagi main. Cuma satu sih kurangnya, makan siangnya B aja. Karena gue orang HSSE gue agak takut kalo bakalan kurang safe, tapi ternyata mantaaap safety-nya. Untuk pulaunya sendiri, bener-bener dikelilingi sama alam dan laut, ga ada gedung di sekitar. Pasirnya putih dan bersih, pokoknya healing vibe banget.


Kayaking

Yellow

Cutie and The Beach

Husband

Parasailing

At The Hai

Lots of Speed Boats


CONCLUSION

Selama gue di sana, orang-orang ramah bangeeet dan helpful banget bahkan tanpa kita minta tolong. Emang siap banget nih jadi tempat pariwisata internasional.

Gue bakal ngulang pergi ke Thailand. Masih banyak tempat di Bangkok yang belum gue kunjungin dan gue pengen banget juga explore Phuket, Khao Yai, Koh Samui, dan lainnya.

Ditunggu yaa postingan tentang kuliner-nya!

Cheers,
Clairine 
-girl next door-

Instagram: @clairinesgh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIP: UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA

TRIP: PERSIAPAN MUSIM DINGIN DI KOREA SELATAN

TRIP: LIBURAN HEMAT KE JEPANG 14 HARI TANPA JRPASS & TIPS-TIPS