TRIP: HAKONE JAPAN 2023

Saking senengnya sama tempat ini, dua kali gue ke Jepang, dua kali juga ngunjungi Hakone. Memang Hakone itu touristy banget tapi entah kenapa gue suka aja gitu sama vibe-nya yang jauh dari perkotaan trus di daerah pegunungan yang adem. Jadi pada trip November 2023 lalu gue memutuskan untuk 4 hari 3 malam di Hakone. Langsung aja kita bahas gue ngapain aja dan kemana aja.

Hakone Trip

TRANSPORTATION

Seperti biasa, anti ribet ribet club, belinya three-days free pass Hakone di Shinjuku Station atau bisa kalian lihat-lihat di sini dengan harga 6,500 Yen per orang. Dengan adanya free pass tersebut kalian bebas naik turun bus, cable car, railway, dan sightseeing cruise di seluruh Hakone.

Hakone FreePass 3Days

Gue ke Shinjuku Station dulu pagi-pagi trus beli three-days free pass-nya online sebelum hari H biar pas sampe counter tinggal scan barcode aja trus keluar deh tiketnya. Pas berangkat gue naik kereta biasa yang ga termasuk dalam free pass jadinya bayar pakai Pasmo ke Hakone-Yumoto Station dari Shinjuku Station. Asli pegel banget di perjalanan sekitar 1.5 jam, makanya pas pulang gue keluar duit lagi di luar free pass supaya bisa naik Romance Car yang duduknya lebih nyaman ke Shinjuku Station.

Di Hakone, transportasi utama adalah bus dengan jadwal yang tidak banyak dan suka telat karena jalanan tidak dapat diprediksi apalagi pas gue ke sana rame banget jadi jalanan macet. Bahkan bus terakhir ke akomodasi gue itu di jam nanggung trus kalo lewat gue harus jalan sekitar 2 km-an naik turun lagi.

Nah pas hari pertama gue ke Gotemba, susah banget jalan ke sana menurut gue. Di sela-sela perjalanan bahkan gue ada naik taxi karena bingung mau naik apalagi. Dan taxi di sana masih masuk akal kok harganya dan drivernya super ramah.

Yang menarik adalah waktu gue ke Owakudani dan Lake Ashinoko karena gue naik cable car (antri panjang hiks) dan naik pirate cruise seru banget!

Cable Car

Cruise Ship

ACCOMMODATION

Gue nginep di K's House Hakone. K's House ini memang banyak chain-nya di Jepang dan so far belum ada yang mengecewakan sih, makanya pas ke Hakone gue langsung book K's House Hakone.
Gue tidur di tatami, jadi konsepnya sangat Japanese style gitu kaya kamarnya Nobita. Kamarnya luas dengan ada toilet di dalam kamar tapi shower room-nya sharing, nyaman banget. Ditambahkan lagi ada onsen outdoor dan onsen indoor gratis yang jatuhnya adalah public onsen khusus tamu menginap, jadi kalo kalian malu-malu kucing harus nyobain private onsen di tempat lain. Bagi suami gue yang suka banget onsen, tiap hari ada kali dia mandi di onsen kaya di Harvest Moon sehabis nambang di gua. Gue juga nyobain karena belum ke Hakone kalo ga nyobain onsen.
Common room-nya estetik dan luas banget dengan pemandangan alam pas musim gugur yang cantik banget, karena agak dingin jadi kita suka menghangatkan diri di kotatsu. Puas banget deh nikmatin akomodasi ala Japanese style di sini. Recommended.

Kotatsu Again but With A View

Kotatsu in Common Room

SPOT

1. Gotemba Premium Outlet
Di sini ya harus shopping ya namanya juga factory outlet, tapi kayanya Gotemba ini versi premium. Di sisi west zone itu yang higher brand (Moncler, Prada, Gucci, Balenciaga, Loewe, dll), sedangkan east zone yang middle brand kali ya  nyebutnya (Coach, Kate Spade, BEAMS, dll). Lengkap sih brand-nya tapi barang yang gue cari ga ada semua, sedih. Gue akhirnya beli sesuatu aja di BEAMS, padahal BEAMS bertebaran juga di Tokyo wkwk. Senengnya pas ke sini bisa liat Fuji-san jelas banget. Maaf gue obses banget liat Fuji-san di Jepang jadinya super excited.
Guys, jangan sampe ketinggalan bus terakhir ya, kalo sampe ketinggalan kalian bakalan naik taxi sampe Hakone Yumoto trus bisa boncos kecuali emang kalian pengen dan kalian adalah anak sultan.
Gue mau cerita pengalaman gue balik dari Gotemba ke K's House Hakone itu nyasar sampe kita ngelewatin jalan sempit di tengah hutan gelap yang muat satu orang doang trus kalo kepleset langsung jurang. Ini memorable banget.

2. Hakone Open Air Museum
Museum yang super duper mengesankan, insightful, dan berkarakter banget. Wajib banget dikunjungi kalo kalian ke Hakone, oiya harganya 1,600 Yen per orang. Gue lama banget ngiterin museum yang konsepnya outdoor ini karena tempatnya luas. Pas banget cuacanya bagus pas gue ke sana, cerah. Banyak karya seniman (mostly Japanese) yang dipajang di sini bentuknya rata-rata seni kontemporer dan modern dalam bentuk statue. Trus gue bisa baca dan dengerin juga penjelasan tentang karya seni dengan bahasa Inggris, minimum standard sebuah museum guys.

Hakone Open Air Museum

Sunny Autumn in Hakone Open Air Museum

Colorful Tower

Trus didalamnya ada museum khusus untuk Picasso yang didalamnya ada lukisan, sejarah Piccaso, dan video Piccaso. Jangan lupa celup kaki di kolam outdoor foot bath setelah cape mengitari museum yang bisa kalian lakukan secara gratis.

Picasso Museum

Foot Bath

3. Owakudani
Tempat ini itu seperti kawah gunung aktif yang masih mengeluarkan asap putih. Ke sini naik cable car dari Sounzan, pas gue naik cable car, gue bisa liat Fuji-san jelas banget dengan ujung putihnya dan di bagian kaki gunung dihiasi pemandangan pohon berwarna khas musim gugur. Beruntung katanya kalo bisa liat Fuji-san dari cable car ini.

Owakudani

Hell Valley - Owakudani

Fuji-san from Cable Car's Queue Spot

4. Lake Ashinoko
Setelah dari Owakudani gue lanjut lagi naik cable car trus turun di Togendai untuk siap naik cruise menyeberangi Lake Ashi. Cruise-nya unik banget ada tema bajak lautnya dan di dalam bisa pilih mau di dalam deck atau di luar deck nikmati pemandangan outdoor. Gue sih cobain dua-duanya ya gamau rugi. Sepanjang perjalanan melintasi danau ini, gue liat ada torii di pinggir danau yang kalo dibayangkan torii ini melengkapi pemandangan sekitar danau yang seperti lukisan indah.

Lake Ashinoko and a Torii

Cruising Away - Lake Ashi

5. Sengokugahara Susuki Grass Field

Sebenernya tempat ini hanya ladang tanaman yang disebut grass field, tapi berhubung gue dateng ke sana pas musim gugur, grass field ini lagi cantik-cantiknya. Langsung gas ke sana deh. Entah kenapa gue merasa apa yang gue liat di sana itu picturesque banget kaya berada dalam lukisan. Indahnya negeri orang guys hehe. Wajib banget didatengin pas musim gugur untuk sekedar cuci mata. Gampang banget kok dicapai, cuma naik bus aja sekitar 40 menitan dari pusat Hakone.

Sengokugahara Susuki Grass Field in Autumn

Grass Field

6. Hakone Shrine
Nah tadi gue bilang kan kalo gue liat torii di pinggir danau Ashi, ternyata itu adalah torii dari Hakone Shrine. Gue emang ga ke shrine karena alasan personal, tapi gue tetep mau visit ke torii-nya. Pas banget pas sunset gue bisa dapet foto berdua kaya gini. Senenggg. Sepanjang jalan menuju Shrine kalian bisa enjoy jalan di pinggi danau, kebayang ga sih kalo tinggal di sekitar situ pasti hidupnya healing terus.

Hakone Shrine's Torii

CULINARY

Apa yah, semua makanan di sini ada di Tokyo jadi gue ga terlalu pengen explore culinary di sini. Jadi gue akan cerita yang berkesan aja ya.
Tapi gue wajib makan yang namanya black egg dan curry rice di Owakudani. Black egg rasanya persis telor rebus biasa hehe. Kalo curry rice-nya enak bangeet bumbu kare-nya apalagi ditambah dengan Hakone Craft Beer.

Black Egg Owakudani

Eki Shokudo Curry Rice

Pas di Sengokugahara gue malah makan tempura rice di satu tempat otentik di resto pinggir jalan (maaf lupa namanya karena ga masuk itinerary) trus kita makannya duduk lesehan ala Japanese style. Enak sih tapi mahal banget dibanding harga Tokyo.

Tempura Rice

Sedangkan pas di Gotemba gue cuma makan di foodcourt-nya aja, tapi surprisingly banyak pilihan kok.

Food in Gotemba's Food Court

Trus ada toko Godiva, kita berdua perlu banget minuman anget karena dingin banget hari itu. Beli deh varian hot cocoa-nya Godiva

Godiva's

CONCLUSION

Hakone adalah lukisan yang sangat indah.
Semua pengalaman gue di Hakone menurut gue membuat gue mengalami pengalaman serba serbi Japanese style yang otentik dan tidak terlupakan, dan tentunya magical banget.

A River Along Hakone

Berhubung gue merasa sudah penuh menjelajahi Hakone, maka untuk next trip gue ga ke sini lagi tapi explore tempat lain. Bagi kalian yang belum pernah ke Hakone, wajib deh ke sana. Ga harus kaya gue selama itu, one day trip juga bisa tapi ya paling cuma beberapa tempat aja. Satu hal sih yang menurut gue perlu diantisipasi, culinary-nya terbatas banget dan selalu antri panjang jadi males huhu. Mungkin tips dari gue adalah hindari ke Hakone saat weekend karena orang lokal banyak banget ke Hakone pada saat weekend, ruame polll.