WHAT I EAT IN KOREA

Annyeonghaseyo,
Oppa, saranghaeyooooo <3

Pengen nabok ga?

Halooo semuanyaaa balik lagi di postingan baru gue yang pastinya akan menghibur para pembaca kesayangan.

Setelah ngepost persiapan musim dingin di Korea di sini, gue akan melanjutkan topik yang masih berbau Korea yaitu *drum roll* MAKANAN KOREA!

Selama kurleb seminggu gue berada di Korea dan menikmati bekunya udara di sana yang mengakibatkan break out dan kulit mengelupas hiksss, gue tak lupa berwisata kuliner.
Berbekal nonton drama Korea dan vlog yang banyak adegan makan dengan semangat menyruput, gue menentukan list makanan apa aja yang harus gue coba di Korea langsung.

Ini dia:

1. Yukgaejang @8000 KRW (Korean Won)
Sebuah sup pedas yang berisi irisan daging sapi, telur, dan daun bawang. Disajikan dengan nasi putih dan banchan (lauk). Banchan-nya ada radish kimchi, potongan daun gatau apa, dan fish cake. Porsinya satu mangkok cukup untuk 1 orang. Endolita banget deh dimakan waktu musim dingin, ingus dijamin keluar dan badan jadi anget hehe. Tempat makan ini namanya YUKDAEJANG terletak di Myeongdong. 

Yukgaejang

2. Kalguksu  @10000 KRW
Kalguksu ini adalah mie buatan sendiri yang terendam dalam kuah bening, didalamnya terdapat daging sapi cincang dan lembaran kol. Rasa kuahnya light banget dan tentu aja ga pedas. Satu porsi bisa untuk 2 orang sih, tapi kalo orang Korea biasanya 1 porsi untuk 1 orang bahkan mereka makan ini pake nasi :( 
Kalo gue kemaren mesen 1 porsi kalguksu untuk berdua trus beli juga steamed mandu, kenyang kok.
Nama tempatnya MYEONGDONG KYOJA, terletak di Myeongdong.

Kalguksu

3. Mandu @10000 KRW
Mandu itu dimsumnya Korea kali ya. Ada yang digoreng, ada yang kukus, bahkan ada yang dikuahin. Isinya sayuran sama daging ayam cincang. Rasanya light bagi yang kukus, yang digoreng gue malah kurang doyan karena minyaknya kali ya. Mandu ini bisa kalian dapetin di MYEONGDONG KYOJA juga barengan sama kalguksu. Satu porsi isi 10 biji dan bisa bagi 2 juga kaya kalguksu.


Steamed Mandu

Myeongdong Kyoja Dish

4. Dakgalbi @11000 KRW (di luar nasi)
Ini makanan yang wajib kalian coba kalo ke Nami Island. Di sepanjang jalan menuju ke pelabuhan mini ke Nami Island, kalian akan nemuin berbagai restoran yang menjual dakgalbi, bahkan ada yang jual dengan tulisan halal. Dakgalbi ini adalah daging ayam yang dibumbuin merah, dicampur dengan berbagai sayuran seperti kol, wortel, dan sedikit sawi, trus ada tteok (kue beras), dan labu kuning di sebuah pan. Nanti para waiters akan membantu kalian untuk memasak makanan ini di meja. Mereka akan kasi tau kapan saatnya tteok nya matang dan dagingnya matang. Ada banchan juga kok seperti kimchi, trus sayuran dengan mayonaise, dan selada. Jadi nanti kalian bisa makan dakgalbi dibalut dengan selada (yang bisa refill) ala-ala drama Korea.
Rasa dakgalbi itu pedas manis nagih, makin enak kalo dibalut selada trus masukin ke mulut. Oiya, kalian bisa milih tingkat kepedasan. Kemaren gue sih little spicy ya. Awalnya gue rasa kok daging ayamnya dikit sih, ternyata porsinya cukup mengenyangkan kok.
Harga di atas itu untuk 1 orang bukan jumlah pan. Jadi mereka udah punya takaran porsi untuk sekian orang dalam satu pan.
Restoran ini bernama CHUNCHEON CHICKEN, tepat sebelum masuk ke pelabuhan mini Nami Island


Dakgalbi

5. Samgyetang @16000 KRW
Kalo winter, wajib makan sup ini juga. Samgyetang itu adalah sup ginseng ayam utuh. Warna kuahnya putih mirip susu tapi rasanya light banget. Rasa makanan ini belum pernah gue temuin di Indonesia padahal kalo sup ayam mah harusnya sama aja rasanya di mana-mana yekan? Ternyata oh ternyata, ginseng memberi rasa baru yang khas tapi ringan di sup ini. Di dalam sup ini ada ayam yang distuffed nasi (mungkin nasi ketan), ginseng utuh, dan jujube (kurang tau apa). Jadi kalian yang memiliki prinsip belum makan kalo belum ketemu nasi, jangan khawatir karena di dalam ayam, ada segumpal nasi. Apa ginseng bisa dimakan Kak? Berdasarkan kepo ke meja sebelah yang kebetulan orang Korea asli, bisa. Rasanya apa Kak? Gue pikir bakalan setrong kaya jahe gitu karena tekstur hampir mirip, ternyata rasanya light dan belum pernah gue temuin, tapi gue ga doyan.
Satu porsi bisa untuk berdua kok, asalkan mesen menu lain. Ya kaya kalguksu, orang Korea satu porsi gede ini dimaem cendele.
Kalian bisa makan samgyetang di mana aja, tapi gue makan di sebuah resto yang rating TripAdvisornya tinggi yaitu di TOSOKCHON SAMGYETANG. Daerahnya deket Gwanghamun Square.


Samgyetang

Ginseng

6. Seafood Pancake @8000 KRW
Bukan, itu bukan gambar telor dadar. Ini adalah pancake atau jeon. Yang gue pesen adalah seafood pancake. Terbuat dari telur dan tepung dengan komposisi tepung lebih banyak trus dikasi topping seafood (udang, cumi, kerang), daun bawang. Rasanya agak hambar, teksturnya letoy bukan kaya martabak yang agak garing. Tapi enak kalo dimakan campur radish kimchi. Gede banget porsinya, berdua aja ga abis.
Gue makan ini barengan samgyetang di TOSOKCHON SAMGYETANG.

Seafood Pancake

7. Korean BBQ @14000 KRW (di luar nasi)
Kayanya gausah gue jelasin panjang lebar lah ya. Rasanya enak banget tak terungkapkan. Bagi kalian yang ga makan babi, kalian bisa pesen yang marinated beef kok. Malah jujur aja ya, enakan yang beef. Jangan lupa makan ini dibalut selada, yumm. Cara masaknya, nanti dibantu sama waitersnya. Kalian juga akan diberi aneka kimchi dan saos yang bebas refill. Gue waktu itu kan berdua, menu gue yang daging Jeju Black Pig, suami gue yang Marinated Beef. Nanti tinggal digabung ae makannya.
Gue makan di LOCO QUAN 401, restoran milik Ha Dong Hoon (fans RunningMan pasti tau doi siapa).
Tipsnya, jaket winter kalian didudukin biar ga kena asep bebakaran.

Jeju Black Pig (di pojokan); Marinated Beef (di tengah)

Aneka Kimchi

8. Jajangmyeon @5000 KRW
Slurppp. Makanan yang sering banget nampil di drama Korea. Edan ini enak pisund guysss. Awalnya underestimate karena gue pernah coba di Indonesia sepiring jajangmyeong yang tak lain tak bukan rasanya kaya mie dikecapin, dan ga enak. Tapi berhubung gue lagi di Korea, gue gamau melewatkan mencicipi rasa asli jajangmyeon. Praise the Lord, ternyata enak banget. Rasanya rasa baru yang belum pernah gue cicipi dan light, bukan rasa kecap doang :( Mienya lembut dan kenyal. Sayang deh, porsinya dikit dan ga ada topping. Biasanya orang makan jajangmyeon sambil pesen fried mandu yang isinya daun bawang dan daging ayam, jadi protein tetep ada. Gue makan jajangmyeon di GAEWHA MYEONGDONG, terletak di Myeongdong.


Jajangmyeon

9. Jamppong @8000 KRW
Mie kuah seafood. Porsi gede banget, satu mangkok bisa untuk 2 orang. Isinya seafood, sayur, dan tentu saja mie. Kuahnya warna merah oranye dan agak pedes. Tapi entah kenapa, gue dan suami kurang doyan. Kalo disuruh milih mau makan jamppong atau jajangmyeon, pasti gue milih jajangmyeon. Biasanya kalo restoran jual jajangmyeon, mereka pasti jual jamppong juga. Kalo baru pertama di Korea, pesen aja dua-duanya biar bisa cobain. Oiya, makan jamppong ini barengan jajangmyeon di GAEWHA MYEONGDONG.

Jamppong dan Fried Mandu

10. Hotteok @1500 KRW
Cemilan ini cucok meong banget dimakan saat musim dingin. Rasanya manis dan ada hint kayu manisnya. Sebuah pancake yang didalamnya ada selai rasa kayu manis dan kacang. Ini gue beli di Nami Island, tepatnya di SONATA CAFE.


Hotteok

11. Toppoki @1000 KRW
Enakan di sini daripada semua yang gue pernah coba di Indo. Gue makan di warung kecil depan Sevel di deket Chonggyechon Stream.

Toppoki

12. Mayak Kimbab @3000 KRW
Kimbab versi kecil. Nasi gulung dibalut rumput laut kering, berisi sayuran. Kalo kimbab biasanya fillingnya ada daging (pork, beef, chicken, fish), kalo yang ini cuma sayuran. Cara makannya tinggal dicocol ke saos toppoki untuk menambah rasa. Gue beli mayak kimbab ini di GWANGJANG MARKET.


Mayak Kimbab

13. Bibimbap @5000 KRW
Kalo yang gue makan di Indo biasanya Dolsot Bibimbap (ada telur mentah di atasnya dan daging sapi), kali ini gue nyobain bibimbap doang di GWANGJANG MARKET. Isinya cuma nasi, sayuran (toge, wortel, daun bawang, lobak), nori, dan sedikit gochujang (chili red paste). Kalian akan dikasi kuah terpisah gatau apaan warna cokelat, aneh deh rasanya. Rasa bibimbapnya sendiri plain (mungkin karena gochujangnya dikit kali ya). 

Bibimbap


14. Bindetteok @5000 KRW
Sebuah pancake (di kita bakwan kali ya) berisi kol dan toge. Rasanya agak sedikit plain, jadi harus dicocol saos. Teksturnya masih lembab letoy gitu padahal udah digoreng dua kali sama penjualnya. Kurang suka deeeh. Oiya untuk porsi, satu porsi bisa untuk sendiri maupun berdua.. Kalian bisa beli bindetteok di mana-mana, tapi kemaren gue beli di GWANGJANG MARKET.

Bindetteok

15. Wedding Green Tea @7000 KRW
Gue tau menu ini karena ngikutin vlognya Joan Keem. Dia seneng banget minum ini di O'SULLOC CAFE di Insadong. Kalian bisa dapetin voucher diskon 10% di setiap menu, buka di sini deh. Thanks me later :)
Rasanya kaya teh tanpa gula, cuma wanginya itu looh guys, enak banget. Nah setiap pesen Wedding Green Tea, kalian akan dapet dua cemilan kaya mochi isi cream gitu. Endolita~


Wedding Green Tea dan Mochi


Sebenernya list makanan yang gue makan lebih dari ini, tapi gue buat 15 items aja biar genap. Di Korea gue nyobain Subway di daerah Ehwa (karena di Indo ga ada), nyobain fried chicken mereka di Lotteria bandara Incheon (kurang suka), odeng yang rasanya kek pempek rebus, gorengan ala Korea, roti isi cokelat yang bentuknya kaya tai/poop di Insadong, sosis panjang dibakar dikasi mustard (banyak sih di Indo), nasi kepal di Sevel (lebih enak dari yang di Jepang), soju rasa anggur, dan makgeolli. Dua terakhir ada alkoholnya ya, fyi. 

Untuk minuman, biasanya di setiap restoran di Korea menyediakan air putih gratis atau teh panas gratis yang bisa refill. Jadi biasanya kita ga perlu pusing nambah budget untuk beli minum lagi. Kalo emang mau beli minuman di luar air putih dan teh, misalnya soju, mending beli Sevel aja karena harganya hampir 3 kali lipat yang di restoran.

PS: maaf ya kalo fotonya kurang bagus, faktor kedinginan megang kamera dan gakuat menahan nafsu ngeliat makanan

"Tetap sehat, tetap semangat, supaya kita bisa jalan-jalan dan makan-makan." -Bondan Winarno


Cheers,
Clairine -girl next door-

Twitter: @clairehagins
Instagram: @clairinesolagratia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIP: UNIVERSAL STUDIOS JAPAN VS TOKYO DISNEYSEA

TRIP: PERSIAPAN MUSIM DINGIN DI KOREA SELATAN

TRIP: LIBURAN HEMAT KE JEPANG 14 HARI TANPA JRPASS & TIPS-TIPS